Mencegah Timbulnya Jerawat dengan Konsumsi Buah Stroberi

Senin, 25 September 2017 - 02:30 WIB
Mencegah Timbulnya Jerawat dengan Konsumsi Buah Stroberi
Mencegah Timbulnya Jerawat dengan Konsumsi Buah Stroberi
A A A
JAKARTA - Tak hanya lezat dikonsumsi, stroberi juga kaya manfaat. Buah dengan rasa manis dan asam ini bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Kandungan vitamin C, flavanoids, antioksidan serta sumber mineral potas di dalamnya terbukti baik untuk kulit.

Selain itu, dibandingkan dengan buah bervitamin C lainnya, stroberi memiliki kandungan anti oksidan yang lebih tinggi. Berikut manfaat buah stroberi untuk kecantikan seperti dikutip dari Sociolla.

1. Mencerahkan wajah yang kusam
Kandungan asam ellagic pada buah stroberi mampu memutihkan kulit wajah yang kusam, serta memperbaiki flek hitam yang ada di kulit. Kandungan anti oksidan pada buah ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Anda bisa membalurkan parutan buah stroberi yang telah dicuci bersih ke seluruh permukaan kulit wajah dan leher dan digosok secara perlahan. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Rutin melakukan perawatan ini minimal tiga hari sekali dipercaya dapat mencerahkan kulit kusam, serta mengurangi flek hitam di wajah secara perlahan.

2. Mencerahkan kulit bibir yang hitam
Cukup belah stroberi menjadi dua bagian, lalu gosokkan buah tersebut secara lembut ke seluruh permukaan bibir selama beberapa menit. Selain dapat mengurangi warna kehitaman, kandungan yang terdapat di dalam stroberi juga mampu merontokkan sel kulit mati, serta memberikan kelembapan alami pada bibir.

3. Sebagai antiaging alami
Kandungan vitamin C pada stroberi sangat diperlukan untuk menjaga ketahanan serta keelastisitasan kulit. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan likopen yang mampu memperlambat proses penuaan pada kulit. Untuk mendapatkan manfaat stroberi sebagai anti aging alami, Anda bisa menggunakan masker stroberi pada wajah maksimal seminggu dua kali. Caranya, masukkan lima buah stroberi beku yang sudah dimasukkan ke dalam freezer dan satu sendok teh madu ke dalam blender, lalu haluskan. Oleskan masker tersebut ke bagian wajah dan leher selama 20 menit, lalu bilas dengan air suam-suam kuku.

4. Cegah jerawat
Selain mampu menghilangkan flek hitam, buah stroberi juga dapat mencegah timbulnya jerawat. Sifat asam yang terkandung dalam buah berwarna merah ini mampu mengontrol kelebihan minyak yang kerap menjadi penyebab utama timbulnya jerawat. Dengan mengonsumsi stroberi setiap hari atau membuatnya menjadi masker seminggu dua kali, kulit pun akan terhindar dari jerawat.

5. Memutihkan gigi secara alami
Khasiat yang satu ini memang sudah terkenal serta terbukti secara efektif dan alami dapat memutihkan gigi. Jika sering mengonsumi stroberi, kandungan vitamin C dan asam malat dalam buah ini akan merontokkan plak yang membuat gigi tampak kuning.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4889 seconds (0.1#10.140)